Senin, 08 Oktober 2012

Seputar Gunungapi

Negara Indonesia terlatak diantar 2 samudra pasifik dan samudra hindia, selain itu Indonesia juga teretak diantara 2 Benua Australia dan Asia, Indonesia juga merupakan negara yang berada di lingakaran cincin api pasifik (Ring Pasific Of Fire) sehingga negara indonesia memang selalu menjadi jalur lempengan tektonik yang memicu adanya bencana, khususnya bencana gunung api.

Gunungapi lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairanmagma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Matrial yang dierupsikan kepermukaan bumi umumnya membentuk kerucut terpancung.

Gunungapi terbentuk dari beberapa faktor, Yaitu :
  1. Pemekaran kerak benua, dimana lempeng bergerak saling menjauh sehingga menimbulkan desakan magma yang keluar kepermukaan, kemudian membentuk busur gunungapitengah samudera.
  2. Tumbukan antar kerak, terdapatnya kerak samudera menunjam di bawah kerak benua, kemudian membentuk busur gunungapi di tepi benua.
  3. Kerak benua menjauh, sehingga menimbulkan rekahan atau patahanyang membentuk busur gunungapi tengah benua.
  4. Penipisan kerak samudera akibat pergerakan lempeng memberikan kesempatan bagimagma menerobos ke dasar samudera, penipisan ini membentuk deretan gunungapi perisai. Penampan
Gambar Pembentukan Gunungapi

Tipe Erupsi Gunung Api :
Erupsi yang terjadi pada gunungapi berasal dari desakan magma yang dari dalam gunungapi yang memaksa dia untuk keluar kepermukaan, Erupsi yang di Timbulka Gunungapi tidak hanya menembur dari satu pusat tetapi bisa dari samping bahkan dari jalur yang bukan berasal dari pusat (erupsi Eksentrik), seperti pada gambar
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar